Berita/Artikel

Berita Artikel / Kortara (Korpus Nusantara)

12 September 2022

Berita

Prof. Ermanto Guru Besar FBS UNP Peroleh Sertifikat HKI Laman Korpus Nusantara (KORTARA)

Laman KORTARA (Korpus Nusantara) yang berisi korpus nusantara yang dikembangkan oleh Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum.; Dr. Havid Ardi, S.Pd., M.Hum.; Dr. Novia Juita, M.Hum., dan Pramono, S.S., M.Si., Ph.D. resmi didaftarkan pada Kementerian Hukum dan HAM dalam rangka perlindungan ciptaan di bidang ilmu pengetahuan, seni dan sastra berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta.

Demikian disampaikan oleh Prof. Ermanto, Guru Besar Linguistik yang juga Dekan FBS Universitas Negeri Padang kepada wartawan portal beritaminang.com sore ini di Kampus UNP Air Tawar Padang pada Kamis (7/7).

"HKI untuk LamanKORTARAatauKorpus Nusantaraadalah laman korpus linguistik yang terdiri atas berbagai bidang teks seperti bahasa, sastra, budaya, teknologi, politik, komunikasi, dan lain-lain," jelas Prof. Ermanto.

Lebih lanjut Prof. Ermanto menyampaikan bahwa KORTARA ini dibangun melalui penelitian yang didanai DRTPM tahun 2022 dan KORTARAini diinisiasi oleh Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum. sebagai Ketua Peneliti (Guru Besar Linguistik FBS Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia),Dr. Havid Ardi, M.Hum. sebagai Anggota Peneliti (FBS Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia ), Dr. Novia Juita, M.Hum. sebagai Anggota Peneliti (Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia) serta secara khusus pengembangan isi korpus didukung oleh Pramono, S.S., M.Si., Ph.D. (Dosen Universitas Andalas, Padang, Indonesia).

"KORTARA ini dibangun untuk tujuan pengembangan penelitian bahasa (Linguistik Korpus), penelitian sastra, penelitian budaya dan humaniora dengan pemanfaatan teknologi digital. Naskah-naskah dalam berbagai bidang keilmuan akan dihimpun di dalam KORTARA ini sehingga bisa diteliti oleh mahasiswa S1, mahasiswa S2, mahasiswa S3, dosen dari berbagai perguruan tinggi baik di Indonesia, maupun di dunia," tambah Guru Besar Linguistik FBS Universitas Negeri Padang.

Pada kesempatan itu, Prof. Ermanto menyampaikan bahwa naskah yang tersedia di dalamKORTARAini dapat dijadikan naskah sasaran untuk dianalisis dengan menggunakan aplikasi digital penganalisis korpus sepertiAntConcyang tersedia di lamanKORTARAini.

"Kami sebagai pengembang mengajak Bapak dan Ibu untuk ikut membangun KORTARA (Korpus Nusantara) ini seperti menyumbangkan naskah yang pernah diterbitkan untuk dihimpun sebagai korpus di dalam laman KORTARA ini dan dapat menghubungi kami melalui email ermanto[a]fbs.unp.ac.id.," tegas Prof. Ermanto.

Kata Prof. Ermanto, untuk itu, pengembang KORTARA akan memberikan sertifikat penghargaan, bukti ikut membangun KORTARA ini, sebagai bentuk pengabdian kita pada pengembangan keilmuan. (MR)

https://www.beritaminang.com/berita/16695/prof-ermanto-guru-besar-fbs-unp-peroleh-sertifikat-hki-laman-korpus-nusantara-kortara-.html