Berita/Artikel

Berita Artikel / Kortara (Korpus Nusantara)

03 October 2022

Berita

Hasil Penelitian Linguistik Korpus Tim Dosen FBS UNP Disosialisasikan kepada Dekan Forum FBSI

PADANG - Penggunaan aplikasi digital dalam kajian bahasa, sastra, dan humaniora secara umum yang merupakan kajian Linguistik Korpus dikembangkan oleh Tim Pengembangan FBS Universitas Negeri Padang. Hal ini juga dikembangkan melalui penelitian dan penerbitan buku berjudul "Linguistik Korpus" oleh Tim Pengembangan dosen FBS Universitas Negeri Padang.

Untuk pengembangan Linguistik Korpus tersebut, Tim Pengembangan Linguistik Korpus yang diketuai oleh Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum. melakukan sosialisasi melalui penyerahan buku Linguistik Korpus kepada Dekan Fakultas Bahasa dan Seni Se-Indonesia pada Jumat (30/9) bertempat di Hotel UNP Kampus Air Tawar Padang.

Dengan demikian kata Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum. yang juga Dekan FBS Universitas Negeri Padang, Pengembangan Linguistik Korpus ini merupakan bagian dari hasil penelitian yang didanai melalui skema DRTPM Kemdikbudristek tahun 2022.

Hasil penelitian ini kata Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum., akan terus dikembangkan dan terus disosialisasikan kepada mahasiswa, dosen, peneliti di berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang pada malam ini melalui Dekan yang tergabung dalam Forum Fakultas Bahasa dan Seni Indonesia.

Pada kesempatan itu, Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum. Ketua Tim Pengembangan Linguistik Korpus FBS Universitas Negeri Padang menyampaikan kepada wartawan portal beritaminang.com bahwa selain penerbitan buku Linguistik Korpus, tim juga telah mengembangkan aplikasi digital Linguistik Korpus yakni Korpus Nusantara yang disingkat dengan KORTARA.

"Aplikasi Linguistik Korpus KORTARA dapat dikunjungi melalui laman web korpusnusantara.fbs.unp.ac.id dan harus login terlebih dahulu agar dapat memanfaatkan kajian dan analisis bahasa terhadap korpus yang sudah ada di dalamnya," tambah Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum.

Selain itu, kata Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum. para peneliti yang memiliki naskah digital sasaran (korpus digital) dan akan diteliti menggunakan aplikasi KORTARA dapat dikirimkan kepada Ketua Tim Pengembang untuk diunggah ke aplikasi Linguistik Korpus KORTARA FBS Universitas Negeri Padang. (MR)

https://www.beritaminang.com/berita/17614/hasil-penelitian-linguistik-korpus-tim-dosen-fbs-unp-disosialisasikan-kepada-dekan-forum-fbsi.html